Sofiainur's Blog

Game untuk Dinamika kelompok

Posted on: Mei 4, 2011

berikut ini adalah beberapa contoh game yang kami gunakan dalam matakuliah Dinamika kelompok

semoga dapat memberikan manfaat bagi semua orang.

THE FAST AND THE FURIOUS

 

  1. TUJUAN
    1. Mengetahui komunikasi yang baik dalam organisasi.
    2. Melatih peserta dalam berkomunikasi menggunakan kode/bahasa isyarat.
    3. Melatih dalam koordinasi diri peserta dalam organisasi.
    4. Melatih peserta dalam memikirkan strategi yang baik untuk organisasinya.
    5. Melatih peserta dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
  1. WAKTU

Waktu yang dibutuhkan dalam melakukan permainan ini 15 – 20 menit.

  1. ALAT DAN BAHAN
    1. Koin
    2. Buku dan Pensil
  1. PROSEDUR
    1. Permainan ini terdiri dari 12 orang dengan 6 orang pada masing-masing kelompok. Kelompok dibariskan menyamping dan satu sama lainnya berhadapan namun saling memunggungi. Dan setelah itu peserta di instruksikan untuk posisi duduk bersila.
    2. Fasilitator meletakkan buku dan pensil di ujung peserta terakhir.
    3. Peserta saling berpegangan tangan dengan rekan lain dalam kelompoknya.
    4. Peserta diminta untuk berlomba secepat-cepatnya mengambil suatu benda (buku atau pensil) sesuai dengan instruksi yang diberikan.
    5. Peserta tidak boleh berkomunikasi verbal.
    6. Peserta hanya boleh menggunakan bahasa isyarat yang tidak menyolok. Gerakan seperti : mengangkat tangan kiri, mengelonjorkan kaki kanan, dan lain sebagainya tidak diperbolehkan.
    7. Posisi harus tetap duduk bersila. Peserta hanya boleh memberikan kode kepada rekan di sebelahnya dan seterusnya hingga rekan paling ujung yang mengambil sebuah benda tersebut.
    8. Posisi harus tetap duduk bersila. Peserta hanya boleh memberikan kode kepada rekan disebelahnya dan seterusnya rekan paling ujung yang mengambil benda tersebut.
    9. Untuk instruksi tentang benda apa yang harus diambil, misalkan fasilitator menyiapkan sekeping koin, jika yang muncul angka maka harus memilih buku, jika yang muncul gambar maka harus memilih pensil.
    10. Fasilitator hanya memperlihatkan sisi angka atau gambar pada peserta di sisi ujung satunya. Peserta tersebut yang harus mengkomunikasikan kepada rekan sebelahnya akan benda yang harus diambil.
    11. Kelompok yang terlebih dahulu mengambil benda yang diinstruksikan adalah pemenangnya. Permainan bias diulang sesuai kebutuhan. Misalnya dari simulasi sebanyak 3x, dan yang paling cepat mengambil benda yang dimaksud adalah kelompok yang menang.
  1. KUNCI
    1. Peserta harus fokus dan konsentrasi dalam berkomunikasi dengan kelompoknya
    2. Peserta haruslah dapat memilih kode/bahasa yang disepakati oleh kelompok
    3. Peserta mampu memberikan kerjasama yang baik.
  1. REFLEKSI

Perilaku organisasi menurut Wahab (2008: 200) adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tigkah laku manusia dalam suatu organisasi atau suatu kelompok tertentu. Hal ini sangat mempengaruhi usaha pencapaian tujuan-tujuan suatu organisasi. Komunikasi akan terjadi jika seseorang memerlukan orang lain untuk bekerjasama atau hanya sekedar untuk memberikan infomasi. Pada organisasi komunikasi adalah faktor utama dan penting. Namun, persepsi dan komunikasi adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Dalam perilaku organisasi komunikasi dan persepsi saling berkaitan. Permainan diatas memerlukan komunikasi dan persepsi yang sama dari masing-masing kelompok agara dapat menjadi pemenang dari kelompok lainnya. Kelompok hanya boleh menggunakan komunikasi yang berbentuk isyarat/kode dimana hal ini tidak menjadi kebiasaan manusia dalam berkomunikasi (manusia yang normal).

Wahab (2008:205)mengartikan persepsi sebagai proses kognitif yang dialami oleh setiap orang didalam memahami informasi tentang lingkungannya, lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan, dan penciuman. Proses persepsi ini kompleks. Karena seseorang harus mampu untuk menerima sesuatu disekita lingkungannya yang dilihat dan diartikannya. Selanjutnya adalah proses registrasi, interpretasi, dan umpan balik. Demikianlah seseorang mengetahui keadaan lingkungannya, semua di daftar dalam ingatan dan pikirannya. Pada saat tertentu orang tersebut kamudian mengartikan atau menginterpretasikan tentang semua informasi yang didaftar tentang lingkungan yang dihadapinya tadi.

Persepsi dapat diorganisir dalam diri seseorang berdasarkan hal-hal seperti adanya kesamaan dan ketidaksamaan objek, adanya kedekatan dalam ruang, dan adanya kedekatan dalam waktu. Selain itu, jika seseorang melakukan persepsi terhadap orang lain, akibat karena adanya hubungan dan interaksi secara langsung, maka orang tersebut melakukan persepsi social. Wahab juga mengartika komunikasi sebagai pentransfer dan pemahaman makna. Dalam berkomunikasi terdapat tiga aspek penting yaitu infomasi, proses komunikasi dalam suatu organisasi dan komunikasi antar orang.

Permainan ini juga memberikan refleksi akan pentingnya proses komunikasi yang terjalin ketika masing-masing anggota kelompok bekerjasama dalam mencapai tujuan kelompok yaitu mengambil benda yang di instruksikan oleh fasilitator. Langkah-langkah komunikasi adalah satu sumber dan penerima yang menghasilkan pentransferan dan pemahaman makna. Apabila penerima informasi ini salah menangkap informasi yang diberikan maka pemain yang paling ujung akan mengambil benda yang berbeda dengan instruksi fasilitator. Dalam organisasipun, komunikasi yang tidak tersampaikan tujuan dan maknanya akan membuat tujuan-tujuan organisasi sulit tercapai dengan baik. Dan dapat pula meenyebabkan tidak tercapainya tujuan organisasi tersebut.

  1. SUMBER

Wahab, Abdul A. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan:Telaah terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Flickr Photos

More Photos

Arsip

Mei 2011
S S R K J S M
« Mar   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

sofiainurtikkichan

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: